Ust. Firanda Andirja Menyindir Salafi Agar Tidak Fanatik Buta

03.45


Foto: Ilustrasi

Ust. Firanda Andirja Menyindir Salafi Agar Tidak Fanatik Buta

Ust. Firanda Andirja, Lc., M.A memperingatkan para pengikut salaf (Salafi) agar tidak bersikap fanatik terhadap Syaikh tertentu. Melalui akun faceebooknya, beliau menyayangkan sikap sebagian orang yang mengaku salafi namun justru bersikap fanatik terhadap syaikh seperti kaum sufiyah ekstrim.

Beliau juga mengatakan, “Kita mengikuti manhaj salaf untuk lari dari sikap fanatik, namun sebagian kita justru terpuruk dalam fanatik gaya baru”.


Berikut ini salinan status Ust. Firanda Andirja di akun faceebooknya:


Fanatik Gaya Baru

Kita mengikuti manhaj salaf untuk lari dari sikap fanatik, namun sebagian kita justru terpuruk dalam fanatik gaya baru...

Sungguh kita mencela dan mencela kaum sufiyah ekstrim karena sikap fanatik buta terhadap guru/mursyidnya... Ternyata sebagian kita justru terjebak dalam praktik fanatik buta terhadap seorang syaikh ... Menyalahkan sang syaikh berarti keabsahan manhaj harus dipertanyakan...!!!

- Bukankah para syaikh itu banyak bukan hanya satu?

- Bukankah masih banyak syaikh yang lebih alim yang lebih pantas untuk difanatiki -seandainya fanatis itu boleh-?

- Jika kita boleh menyelisihi Imam syafi’i dan Imam Ahlus Sunnah Imam Ahmad bin Hanbal, maka bagaimana lagi dengan syaikh zaman sekarang?

- Apalagi pendapat/manhaj syaikh tersebut menyelisihi pendapat dan metode kebanyakan ulama?
---------*****--------

Nasihat beliau juga berlaku untuk semua orang agar tidak terjatuh kepada sifat fanatik buta kepada ulama atau tokoh tertentu. Jangan menuduh orang lain dengan tuduhan hizbi kalau ternyata yang menuduh sendiri lebih hizbi daripada yang tertuduh. Hizbi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk yang tidak berorganisasi. Dan yang berorganisasi tidak selalu harus terjatuh pada sikap hizbi.

Pada potongan vidio yang lalu, Ust. Firanda Andirja juga membolehkan organisasi jika dilakukan untuk kebaikan.

Organisasi itu perkara dunia. Selama itu tujuannya untuk akhirat, maka tidak terjadi masalah”. Ungkap beliau. Silahkan tonton vidionya di sini: “Apakah OrganisasiIslam Itu Bid’ah?”


Di bawah ini adalah screenshot status Ust. Firanda Andirja difacebooknya:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar